Selamat datang

Tak Ada Yang Sia-sia dalam hidup
Menuliskan semua tinta kehidupan dengan indah

Menemukan hal-hal baru untuk membuka pemikiran kita dan menjaga dengan sepenuh hati apa yang telah kita miliki

Sabtu, 16 April 2011

Project Scope Statement


                Project Scope statement adalah dokumen yang memberikan informasi dan mengendalikan tentang apa saja lingkup dari proyek dan produk yang akan dibangun memastikan bahwa semua kebutuhan yang menjadi faktor sukses sudah tercakup menjaga agar baik tim developer dan juga customer tidak keluar dari batasan proyes sehingga dapat menyelesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
                Tahapan dalam Project scope adalah menggali dan menganalisa semua kebutuhan dari costumer, mendifinisikan ruang lingkup proyek, membuat work break down structure(WBS), memverifikasi scope dan yang terakhir adalah proses mengontrol scope. Alur dari proses scope statement adalah bagaimana memanage, mendefinisikan dan mengontrol proyek.
                Scope atau cakupan sendiri dibedakan menjadi dua yaitu Project scope dan produk scope. Poject Scope adalah proses yang diperlukan untuk menyampaikan produk, pelayanan dan hasil dengan fitur-fitur dan fungsi yang telah ditentukan sedangkan untuk produk scope adalah bagaimana mendefinisikan fitur dan fungsi dari produk yang akan dibangun, service dan yang akan dihasilkan.
                Proses Project scope diukur terhapap penyelesaian Project management plan dan kebutuhan produk. Pada proses Project scope ini harus diintegrasikan terhadap knowledge area yang lain sehingga penyampaian pada Project scope statemen dapat dimengerti oleh semua stakeholder proyek tersebut. Proses yang dilalaui adalah sebagai berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar